Tips Teknologi: 5 Cara Membuat Konten Web Menarik

TEMPO.CO, Jakarta - Tips teknologi hari ini adalah membuat konten web menarik. Keberhasilan situs web Anda sebagian besar ditentukan oleh konten yang ada di dalamnya. Konten yang bagus akan memenangkan kepercayaan pelanggan dan menghasilkan lalu lintas ke situs web Anda.

Karena itu, penataan konten di situs Anda agar relevan dan mudah dikonsumsi akan berdampak tidak hanya kepada pemahaman pelanggan Anda tentang siapa Anda dan bagaimana mereka dapat berbisnis dengan Anda. Melainkan juga bagaimana perusahaan Anda bisa masuk ke jajaran atas mesin pencari besar seperti Google dan Bing.

Salah satu cara agar bisnis online Anda sukses adalah memiliki situs web yang meraih peringkat tinggi di mesin pencari untuk menarik pengunjung. Situs web Anda perlu mengonversi pengunjung menjadi pelanggan dengan meyakinkan mereka bahwa mereka harus berbisnis dengan Anda.

Baca: Tips Teknologi: 5 Trik Jualan di Instagram

Untuk mencapai kedua tujuan tersebut konten Anda harus menarik dan dapat ditindaklanjuti, dapat mengekspresikan identitas Anda, menjelaskan apa yang Anda tawarkan, menjelaskan mengapa pengunjung harus membeli dari Anda, kaya akan kata kunci dan metadata. Selain itu, juga menyediakan link untuk membangun kredibilitas

Berikut ini adalah lima tips untuk membuat konten yang tepat untuk situs web Anda, seperti dilansir Verisign, perusaan teknologi penyedia layanan web dan keamanan.

Baca: Tips Teknologi: Smartphone Android Hilang, Cari Saja Pakai Google

1. Langsung Menuju Sasaran

Anda tidak boleh menganggap bahwa pengunjung akan membaca semua konten di halaman Anda. Banyak orang bahkan tidak sampai setengah jalan. Itulah sebabnya Anda perlu memasukkan informasi terpenting Anda di bagian atas dan memprioritaskan konten Anda dari sana. Konsep ini disebut piramida terbalik.

Piramida "terbalik" dapat dianggap sebagai segitiga sederhana dengan satu sisi digambar secara horizontal di bagian atas dan tubuh mengarah ke bawah. Bagian terluas di bagian atas mewakili informasi paling substansial, menarik, dan penting yang ingin disampaikan oleh penulis, yang menggambarkan bahwa materi semacam ini harus menjadi bagian awal dari artikel tersebut. Sementara bagian bawah yang meruncing menggambarkan bahwa materi lain harus diikuti seiring dengan berkurangnya kepentingan.

Piramida terbalik, prinsip menulis konten yang baik. (Wikimedia Commons)

Gaya ini sangat populer di dunia jurnalisme karena hal ini mirip dengan struktur berita headline atau gaya berita teraktual. Gaya ini direkomendasikan untuk penulis konten web karena memiliki banyak manfaat bagi pembaca.

Dengan menggunakan gaya ini, mereka dapat dengan cepat memahami pokok permasalahan artikel. Saat Anda mulai menulis dengan informasi yang paling penting, menarik perhatian, luas jangkauannya, beberapa kalimat pertama di halaman web Anda akan berisi sebagian besar kata kunci yang relevan, dan dengan demikian dapat meningkatkan SEO Anda.

Baca: Tips Teknologi Hari Ini: 5 Fitur Tersembunyi iPhone

2. Bahasa yang Dapat Ditindaklanjuti

Beri tahu pengunjung Anda apa yang Anda ingin mereka lakukan dan gunakan ajakan yang kuat untuk melakukan tindakan seperti "Download formulir ini" atau "Pelajari lebih lanjut tentang produk ini." Konten yang dapat ditindaklanjuti adalah konten yang bagus dan ini membuat Anda menjadi lebih relevan.

3. Kalimat Pendek

Saat menulis untuk Web, jagalah agar tetap singkat dan sederhana. Internet bukanlah tempat untuk prosa yang indah. Itu berarti Anda perlu memilah-milah kalimat Anda ke hal-hal yang penting. Gunakan kata-kata yang Anda butuhkan agar orang-orang mengerti.

Baca: Tips Teknologi: 6 Aplikasi untuk Bekal Melancong

4. Kata Kunci untuk Optimisasi Mesin Pencari

Anda harus memastikan bila orang mencari kata kunci menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing, yang mereka temukan adalah alamat website Anda. Anda mungkin lebih baik tidak memilih kata kunci yang banyak dicari orang.

Karena justru taktik paling baik bagi Anda yang baru mulai menulis adalah memilih kata kunci di "bagian ekor" yang panjang (seperti misalnya "Bagaimana cara terbaik memotong bawang merah"). Mereka umumnya tidak banyak dicari orang tapi peluang Anda untuk dicari orang malah menjadi lebih tinggi.

5. Tulisan yang Dapat Dibaca Dengan Cepat

Bila masuk akal, buat daftar dan bukan paragraf. Ketika orang membaca konten di Internet, baik di laptop atau ponsel, mereka membaca informasi penting. Ini adalah trik lama yang digunakan oleh perancang iklan luar ruangan, seperti papan reklame.

Baca: Tips Teknologi: Hindari Serangan Hacker di Android

Simak tips teknologi menarik lainnya dan membuat konten web menarik lainnya hanya di kanal Tekno Tempo.co.

Sumber

Tips Teknologi: 5 Cara Membuat Konten Web Menarik
Tip Teknologi: 5 Trik Jualan di Instagram
5 Tips Jitu Dapatkan Ide Bisnis Startup
5 Tren Bisnis Zaman Now
Cara Cerdas Mencegah Penyebaran Hoax di Media Sosial
Cara Cerdas Cegah Penyebaran Hoax di Media Sosial
Pelajari cara menavigasi Word dengan fitur yang mudah diakses
Membuat presentasi di PowerPoint Online menggunakan pembaca layar