Tips Penting Sebelum Berangkat Liburan Musim Dingin

Paris - Mungkin kamu mau liburan akhir tahun ke Prancis? Sebelum itu, simak dulu beberapa hal penting berikut ini.

Prancis asyik didatangi sepanjang tahun. Paling asyik saat musim panas di pertengahan tahun, atau seru juga di penghujung tahun untuk bermain salju dan menikmati Christmas Market di tiap kotanya. Berikut ini adalah sejumlah tipsnya:

1. Siap-siap dengan hawa dingin

detikTravel menjelajahi bagian selatan Prancis, Cote d'Azur sampai ke Paris pada pekan lalu atas undangan dari Atout France. Karena sedang musim dingin, semua wilayah di Prancis suhunya bikin menggigil.

"Akhir tahun musim dingin juga ada turis yang datang ke Prancis. Kalau mau ke Paris, sedia jaket tebal dan payung karena seringkali hujan," terang Winnalia Lim, Responsable Marketing et Evenement ASEAN dari Atout France yang menemani awak media dari Jakarta.

Turis yang sedang berada di bawah kaki Menara Eiffel (Afif Farhan/detikTravel)Turis yang sedang berada di bawah kaki Menara Eiffel (Afif Farhan/detikTravel)

2. Toko tutup dari Natal sampai Tahun Baru

Yang harus diingat, lanjut Wina begitu panggilan akrabnya, adalah pada saat mendekati Natal dan Tahun Baru. Saat itulah, toko-toko di Prancis tutup selama tanggal 25 Desember sampai 1 Januari. Namun, mal-mal besar tetap buka.

Suasana Christmas Market di Lyon yang ramai penduduk setempat (Afif Farhan/detikTravel)Suasana Christmas Market di Lyon yang ramai penduduk setempat (Afif Farhan/detikTravel)

3. Nikmati suasana Natal

Suasana Natal begitu terasa kalau liburan ke Eropa, apalagi ke Prancis. Setiap kota punya pasar malam Natal dan dekorasi lampu yang menawan.

"Lyon juga punya Festival Cahaya. Suasana perayaan Natal hampir di semua kota di Prancis menarik untuk dikunjungi, karena ada Christmas Market yang mana kita bisa lebih merasakan langsung kehidupan masyarakat setempat," terangnya.

4. Jangan lupa main salju

Selain Paris, kota yang paling asyik didatangi adalah Chamonix di wilayah Rhone-Alpes. Kota yang dulunya adalah es ini menawarkan aktivitas main ski sampai bermain salju.

BACA JUGA: >Kisah Kota di Prancis yang Dulunya Adalah Es

Kalau ke Chamonix, harus bawa jaket lebih tebal lagi. Sebab, suhunya bisa sampai minus 10 derajat Celcius dan hujan salju.

"Chamonix itu di Pegunungan Alpen jadi banyak aktivitas bermain di salju," kata Wina.

Turis yang bermain salju di Chamonix (Afif Farhan/detikTravel)Turis yang bermain salju di Chamonix (Afif Farhan/detikTravel)
Jadi sekali lagi kalau mau liburan akhir tahun di Prancis, sedia jaket dan payung ya. Biar nggak salah kostum, tetap hangat dan supaya foto-fotonya kece!

(aff/fay)

Source

Mau Liburan Akhir Tahun ke Prancis? Baca Ini Dulu Ya
Ingat 10 Tips Ini Sebelum Beli Tiket Pesawat Murah