Lima Hobi Di Era Digital Yang Bikin Kantong Jebol

VIVA – Di Era digital seperti saat ini membuat kita mudah untuk melakukan berbagai hal hanya dengan menggunakan alat canggih berbekal kemajuan teknologi. Era ini hadir dalam bentuk praktis dalam melakukan transaksi secara online.

Tidak hanya itu, permainan, belanja, dan juga berpromosi kini dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan teknologi. Harapan pengguna teknologi tentunya dapat terus menggunakan kecanggihan tersebut guna memenuhi kebutuhannya dengan lebih efektif dan efisien.

Namun, Anda perlu berhati-hati karena jika menggunakan teknologi tersebut secara berlebihan, bisa membuat boros. Awalnya memang tidak terlalu bermasalah dengan peran teknologi seperti ini, namun setelah menjadi kebiasaan ternyata akan berdampak pada keuangan.

Berikut ini lima kebiasaan yang bisa membuat kamu boros di era digital seperti sekarang ini, seperti dikutip dari Cermati.com pada Selasa 14 November 2017:

1. Menjadi maniak games

Khususnya bagi kaum pria, bermain game adalah salah satu hal yang sering dilakukan dengan menggunakan teknologi semacam tadi. Saat ini game saja sudah bisa diakses lewat smartphone, dan setiap orang bisa mulai memainkan game tersebut.

Namun sebaiknya jangan terlalu maniak bermain game yang sedang marak saat ini karena tidak sedikit dari game tersebut yang harus berbayar. Semakin maniak terhadap game, tentu akan lebih boros. Misalnya untuk membayar biaya member atau voucher game.

2. Ketagihan beli gadget baru

Karena teknologi semakin berkembang, perangkat yang digunakan untuk mengakses teknologi tersebut juga terus di-upgrade. Jangan heran jika kita sering melihat iklan smartphone yang hampir selang beberapa bulan sudah kembali mengeluarkan seri terbarunya.

Hal ini tentu sangat menggoda “gadget maniac” untuk segera mendapatkan seri terbaru dari smartphone favorit. Hal ini juga akan membuat keuangan kita menjadi tidak stabil.

3. Bermain internet tanpa batas waktu

Sekarang ini siapa pun sangat betah berlama-lama bermain dengan internet. Dari anak kecil, hingga orang dewasa membutuhkan waktu yang lama untuk berinteraksi dengan internet.

Adanya media sosial dan beberapa aplikasi chatting yang unik, rupanya digunakan sebagian besar ketika berselancar di internet. Jika menggunakan internet paket data pada smartphone, tentunya akan membuat kuota internet semakin berkurang.

Kuota internet smartphone juga dibeli dengan uang, bukan? Sebaiknya gunakan kuota internet untuk keperluan akses internet yang penting. Hindari penggunaan kuota untuk hal yang kurang penting seperti nonton streaming di Youtube, karena akan menghabiskan banyak kuota.

4. Hobi belanja online

Hobi yang satu ini umumnya disukai para wanita. Berbelanja online adalah solusi yang mudah di mana para wanita akan lebih mudah memperoleh produk fashion favorit mereka tanpa harus pergi ke mall dan mengantre terlalu lama.

Namun, sebagian wanita ternyata mulai keranjingan berbelanja online, sehingga ia bisa berbelanja hampir setiap hari. Agar tidak ketagihan belanja online, sebaiknya matikan notifikasi promo dari aplikasi atau email tempat belanja online favorit kamu. Belanjalah seperlunya saja.

5. Delivery makanan

Bukan hanya bermain game, dan belanja online yang bisa dilakukan lewat internet. Membeli makanan favorit pun kini bisa dilakukan secara online, makanan akan diantar oleh pengantar ke rumah Anda.

Kemudahan seperti ini juga dapat menyebabkan orang ketagihan. Namun ingat, jika membeli makanan lewat cara ini, maka akan ada biaya tambahan yang harus dibayar.

Jangan malas untuk bergerak, dan pergi keluar mencari makanan yang siapa tahu harganya bisa lebih murah dan enak dibandingkan delivery makanan tadi.

Sumber

Lima Hobi di Era Digital yang Bikin Kantong Jebol