Ini Tips Belanja Aman Saat Harbolnas Ala Bukalapak

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang hari belanja online nasional (Harbolnas), banyak hal yang disiapkan oleh para pelaku e-commerce. Tak terkecuali Bukalapak.

Dalam menyambut momen ini, Bukalapak mengajak para UMKM (Pelapak) untuk turut berpartisipasi dan bersaing sehat. “Bagi para pelapak, kami mengajak bersama-sama naik kelas, menunjukkan bahwa pelapak di Bukalapak merupakan pedagang online yang terpercaya. Mari gotong royong dan jadi panutan di Harbolnas," ungkap VP Marketing Bukalapak Bayu Syerli kepada Kontan.co.id dalam keterangan tertulis pada Minggu (3/12).

Bayu juga memaparkan beberapa tips agar masyarakat semakin cerdas dalam belanja dan berdagang online. Bayu percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan pengguna di Bukalapak. Berikut beberapa tips berbelanja pada Harbolnas di Bukalapak:

1. Pastikan website yang diakses diawali https, bukan http saja.

2. Pastikan website yang diakses adalah milik Bukalapak, www.bukalapak.com.

3. Jangan pernah memberikan data yang sifatnya rahasia kepada orang lain. Misalnya data seperti username, password, OTP, dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindari pencurian akun yang bisa saja disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

4. Abaikan apabila ada modus phising:

a. Modus proses transaksi

Modus ini biasanya terjadi saat melakukan transaksi. Oknum mengirimkan link phising dan meminta pembeli untuk mengonfirmasi pesanan dengan cara meng-klik link tersebut.

b. Modus mengatasnamakan admin

Oknum mengirimkan pesan yang berisi bahwa pembeli mendapatkan hadiah, promo, atau tawaran menggiurkan lainnya, dan meminta untuk meng-klik link yang diberikan.

c. Modus informasi palsu

Modus ini ditandai dengan adanya oknum yang mengirimkan informasi palsu dan meminta pembeli meng-klik link yang diberikan.

5. Gunakan payment system yang diciptakan oleh Bukalapak. Payment system ini merupakan metode wajib untuk bertransaksi oleh setiap pembeli dan pelapak agar aman dari penipuan. Keunggulan payment system Bukalapak dibanding rekening bersama tradisional:

a. Lebih cepat: karena pembeli dapat langsung membayar tanpa harus hubungi pelapak untuk sepakat menggunakan rekening bersama seperti yang dilakukan di forum jual beli.

b. Notifikasi SMS: tiap pembeli melunasi pembayaran maka secara real-time di mana pelapak mendapat SMS dari sistem Bukalapak untuk segera kirim barang.

c. E-banking: tak seperti rekening bersama tradisional, lewat payment system Bukalapak, pembeli dapat membayar lewat transfer bank.

d. Tercatat sistem: proses transaksi diatur otomatis oleh komputer sehingga kecil kemungkinan ada kesalahan.

e. Otomatis refund: sistem otomatis deteksi dan mengembalikan (refund) dana ke pembeli jika dalam 3 hari Pelapak tidak mengirim barang.

f. Feedback positif: Pelapak tetap mendapat feedback positif jika tidak ada konfirmasi dari pembeli.

g. Tim customer service (CS) 7 hari 24 jam: walau transaksi telah diatur oleh sistem, Bukalapak tetap memiliki tim CS yang sigap melayani pembeli dan pelapak yang belum paham cara bertransaksi dengan payment system Bukalapak.

6. Aktifkan Two-Factor Authentication (TFA) yaitu fitur yang diperuntukan mencegah jika ada penggunaan atau penyalahgunaan data penting dari device yang tidak dikenali. Kami juga menyarankan menjaga kerahasiaan password anda dan menggunakan security guide yang sudah disediakan Bukalapak (www.bukalapak.com/security_guide)

Source

Ini tips belanja aman saat Harbolnas ala Bukalapak
Tips Belanja Online Aman saat Harbolnas 2017
14 Cara Jitu Belanja Lancar dan Aman Saat Harbolnas 2017
Jelang Harbolnas, Ini Tips Belanja Online Aman