Ingin Sukses Bermain Saham, Simak Tips Dari Pebisnis Warren Buffett

Merdeka.com - Menjadi karyawan saja mungkin tidak cukup untuk membuat Anda menjadi orang kaya. Selain menabung, Anda tentunya bisa berinvestasi saham untuk menambah penghasilan Anda.

Memang risiko bermain saham lebih besar dari instrumen investasi lain. Namun peluang keuntungan yang akan Anda dapatkan juga sangat besar. Terlebih lagi jika kamu punya strategi yang jitu, Anda akan meraih keuntungan besar dalam waktu cukup singkat.

Warren Edward Buffett , merupakan salah satu pebisnis yang sukses dalam bermain saham. Pria 30 Agustus 1930 ini adalah seorang investor, pengusaha, dan philanthropist asal Amerika Serikat.

Buffett adalah komisaris, direktur utama, dan sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway. Dia adalah orang terkaya ketiga di dunia tahun 2015 versi Forbes. Tahun 2012, majalah Time memasukkan Buffett sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia.

Ketertarikan Buffett pada pasar saham dan investasi dimulai sejak masa sekolah disaat dia sering mengunjungi kantor pialang saham regional dekat kantor pialang saham ayahnya.

Pada perjalanan ke New York City saat dia berumur 10 tahun, Buffett mengunjungi Bursa Saham New York. Pada umur 11 tahun, Buffett membeli 3 lembar saham preferen Perusahaan Utilitas Cities Service, dan membeli 3 lembar untuk kakaknya Doris Buffett (pemilik The Sunshine Lady Foundation).

Pada usia 15 tahun, Buffett mendapatkan lebih dari USD 175 per bulan dari mendistribusikan koran Washington Post. Saat SMP dia berinvestasi pada perusahaan ayahnya dan membeli 16 Hektar lahan pertanian untuk disewakan kepada petani. Dia membeli lahan tersebut pada usia 14 tahun dengan hasil menabungnya sebesar USD 1.200. Pada saat Buffett kuliah, dia telah mengumpulkan lebih dari USD 90.000.

"Ide utama investasi adalah melihat saham sebagai sebuah bisnis, menggunakan fluktuasi pasar sebagai keuntungan, dan mencari margin pengaman. Itulah yang diajarkan benjamin graham kepada kita. Seratus tahun dari sekarang pemikiran itu masih akan menjadi pondasi dari investasi," tulis Buffett.

Dikutip HaloMoney, berikut cara bermain saham dengan cerdik ala Warren Buffett.

[azz] SELANJUTNYA

Source

Ingin sukses bermain saham, simak tips dari pebisnis Warren Buffett