Cara Mengatasi Kamera Samsung Galaxy Yang Error

TEMPO.CO,

Jakarta - Dua pekan sudah Tempo habiskan menjajal smartphone flagship Samsung Galaxy Note 8. Secara keseluruhan, telepon genggam yang dibanderol dengan harga sekitar 11 juta-an ini memang layak diacungi jempol. Harganya sebanding dengan performa dan kemewahan yang ditawarkan.

Namun Tempo masih melihat sejumlah kekurangan dalam smartphone ini. Yah, mungkin memang no smartphone is perfect. Ketidaksempurnaan bisa dinilai sebagai sebuah pembelajaran untuk diperbaiki di kemudian hari.

Tempo mendapatkan Samsung Note 8 berwarna hitam dengan kapasitas 64 GB. Berikut sejumlah catatan yang Tempo dapatkan dari hasil penggunaan Samsung Note 8 selama dua pekan:

1. Material dan Desain

Samsung Galaxy Note 8 memiliki materi dan desain yang aduhai. Baik sisi depan maupun belakangnya semua berlapis kaca. Material ini membuat kesan mewah terpancar dari si smartphone. Lapisan Corning Gorilla Glass 5 membuat pengguna tak khawatir kaca akan terpecah jika jatuh.

Dari sisi desain, secara kasat mata Samsung tak banyak mengubah ubahan Samsung Note 8 dari seri Note sebelumnya. Sudut- sudut yang lebih kotak ketimbang seri Galaxy lainnya masih mendominasi seri Note terbaru ini.

Samsung Galaxy Note 8. Tempo/Fardi Bestari

Perubahan yang signifikan terjadi karena Samsung membenamkan layar 6,3 inci dengan konsep Infinity Display. Hal ini membuat dimensi Note8 jauh lebih memanjang ketimbang seri terdahulu. Infinity Display juga membuat layar nyaris tanpa batasan dengan sisi body atau bezeless, kecuali di bagian atas dan bawahnya.

Di bagian depan bagian atas terdapat sebuah earpiece yang digunakan untuk mendengar percakapan telepon, sebuah sensor biometrik pemindai retina, kamera depan, lampu LED yang bisa digunakan sebagai petanda jika ada pesan masuk ke smartphone anda.

Selain itu, perubahan dari seri sebelumnya juga terlihat dari tombol Home yang kini menghilang dari bagian depan. Samsung membuat tombol home yang dapat anda atur di layar.

Di sisi kanan, terdapat tombol Power/Lock, sedangkan di sisi lainnya ada tombol volume dan fitur asisten Bixby yang terletak di bawahnya.

Pindah ke belakang, terdapat dua kamera, lampu blitz serta sensor sidik jari yang dibuat sejajar secara horizontal. Kesan berbeda dari smarphone lainnya tampak dari sisi ini.

Samsung Galaxy Note 8. Tempo/Fardi Bestari

Di bagian bawah terdapat port USB-C untuk mengisi daya atau pun menyambungkan dengan perangkat lain seperti komputer. Terdapat pula speaker, jack head set serta tempat untuk menyimpan S-Pen.

Material dan desain itu juga membuat dampak cukup signifikan bagi kenyamanan pengguna. Pertama adalah soal material kaca.

Meski membuat kesan elegan dan mewah, kaca di Samsung Note 8 ini sangat rentan dengan bekas sidik jari. Alhasil, jika anda tak rajin-rajin membersihkannya maka telepon genggam ini akan terkesan jorok dan kotor.

Kaca yang ada juga membuat Note 8 cukup licin untuk digenggam, apalagi jika tangan anda dalam kondisi basah. Hal ini sangat terasa mengganggu jika anda menggunakan smartphone ini untuk bermain game seperti misalnya Mobile Legend atau Shadow Fight 3 atau Asphalt yang membutuhkan cengkaraman kuat.

Masalah ini bisa diatasi dengan memasang bingkai pelindung dari bahan karet. Samsung sebenarnya menyertakan bingkai dalam paket pembelian namun berbahan plastik yang masih terasa licin.

Hal kedua yang menjadi kekurangan Samsung Note 8 adalah letak speaker yang berada di bagian bawah. Peletakan itu membuat Tempo sedikit terganggu jika memainkan game.

Seringkali speaker tertutup jari karena harus menggenggam Note 8 dengan kencang. Untuk menggunakan ear phone saat bermain game pun cukup sulit karena colokannya pasti akan menghalangi tangan anda. Samsung menyertakan ear phone yang sebenarnya cukup baik dalam paket penjualan.

Untuk mengatasi masalah ini, satu-satunya cara adalah anda menggunakan head set nirkabel. Tempo merasa jauh lebih nyaman ketika bermain game dengan menggunakan head set nirkabel.

Tempo juga mengalami sedikit ketidaknyamanan dengan peletakkan sensor sidik jari yang berada di samping kamera. Karena bodi yang cukup memanjang, sensor ini sedikit susah untuk diraba. Pengguna harus sedikit menaruh handphone ini di bagian bawah telapak tangan untuk merabanya.

Samsung memang memberikan pilihan lain untuk membuka Note 8 seperti pendeteksi wajah, pemindai retina, pola dan pin.

2.Layar

Samsung memang bisa dibilang sebagai salah satu yang terbaik soal masalah layar. Dengan Layar Super AMOLED, Note 8 mampu mengeluarkan warna yang sangat mirip dengan kondisi nyatanya.

Apalagi layar ini sudah mendukung resolusi hingga WQHD+. Resolusinya yang mencapai 2560x1440 piksel membuat Samsung Note8 menghasilkan gambar yang sangat halus.

Detail-detail dalam berbagai game bisa terlihat sangat jelas dengan layar ini, bahkan dalam resolusi FHD+ saja. Sayangnya, ketika Tempo menaikkan resolusi layar hingga ke WQHD+ tak terasa perubahan yang signifikan saat bermain game.

Setelah mencoba selama dua pekan, masalah itu ternyata lebih karena si pembuat game memang tidak menyediakan resolusi gambar mereka dengan spesifikasi setinggi Samsung Note 8. Buktinya, ketika Tempo memutar video dengan resolusi 4K perubahan resolusi layar terasa cukup signifikan. 

Layar yang panjang pada Note 8 membuat Samsung melakukan inovasi dengan menyematkan fitur App Pair. Dengan fitur ini, anda bisa membuka dua aplikasi sekaligus dengan layar yang terbagi dua. Jadi, anda bisa bersosial media sambil menonton video di Youtube atau pun anda bisa misalnya membuat catatan dari rekaman yang anda ambil secara sekaligus.

Sayangnya, tidak semua aplikasi bisa dijalankan secara bersamaan. Setidaknya Tempo menemukan bahwa Aplikasi Instagram tak bisa dijalankan dengan aplikasi lainnya secara berpasangan.

3. Hardware

Prosesor Exynos 8895 dengan 8 inti serta kecepatan 1,7 GHz plus RAM 6GB membuat handphone ini berjalan sangat lancar. Pergerakan antar muka sangat halus, respon pun sangat cepat.

Tempo juga tak mengalami hambtan ketika memainkan game berat seperti Asphalt, Shadow Fight 3 dan Need For Speed No Limits. Bahkan Tempo sempat menaikkan kualitas grafis game-game tersebut hingga tingkat paling maksimal dan hasilnya juga sangat memuaskan.

Tak sekali pun Tempo mengalami masalah bermain game di smartphone ini atau pun tiba-tiba aplikasi tak bisa digunakan. Dengan catatan, smartphone ini harus ditunjang dengan jaringan internet yang baik pula.

Kapasitas baterai yang mencapai 3300 mAh juga cukup baik. Meskipun hanya bertahan sehari untuk pemakaian normal, fasilitas pengisian cepat membuat Samsung Note 8 bisa terisi penuh hanya dalam waktu sekitar 1 jam dari kondisi 10 persen.

Yang paling mengagumkan adalah tak ada rasa panas di bodi Samsung Note 8 ini meskipun digeber hampir satu jam bermain game.

Soal kapasitas, ada 3 pilihan yaitu: 64 GB, 128 GB dan 256 GB.

4. Kamera

Note 8 merupakan produk pertama Samsung yang hadir dengan dual kamera di bagian belakang. Masing-masing lensa kamera utama memiliki resolusi 12MP (megapiksel), di mana satu lensa wide dengan aperture f1.7 dan lensa tele f2.4 dengan kemampuan optical zoom 2x dan digital zoom 10x.

Teknologi optical image stabilization (OIS) di kedua lensanya membuat kamera Galaxy Note 8 dapat mengambil foto dengan sempurna meskipun tangan kita sedikit bergetar. 

Dual kamera yang tersemat di bagian belakang berguna untuk membuat efek bokeh. Samsung memberikan fitur Live Fokus untuk membuat efek bokeh itu kepada anda yang mungkin tak terlalu paham soal kamera manual.

Namun untuk anda yang cukup paham untuk mensetting kamera, anda bisa memilih mode pro yang sudah tersemat dalam Samsung Note 8 ini. Tempo sendiri lebih menyukai mode pro karena memberikan efek bokeh yang lebih natural ketimbang Live Fokus.

Apalagi jika anda ingin bermain makro, mode pro Samsung Note 8 ini sangat mumpuni untuk menyorot detail barang-barang yang kecil. Bahkan dengan mode pro ini hasil gambar dalam kondisi minim cahaya pun bisa lebih maksimal.

Apakah efek bokeh hanya bisa dengan kamera belakang? Tidak. Anda juga bisa mendapatkan efek bokeh dengan kamera depan Samsung Note 8 dengan resolusi 8 MP ini. Hal itu tak lepas dari fitur Smart Auto Focus yang terdapat di dalamnya.

Anda bahkan bisa mengatur fokus gambar setelah anda mengambilnya, sama seperti fitur Live Focus di kamera bagian belakang. Untuk urusan video juga jangan diragukan. Anda bisa merekam video hingga resolusi 4K di kamera ini. Hasilnya tentu sangat jauh lebih tajam ketimbang resolusi FHD.

Secara keseluruhan, performa kamera Samsung Note 8 sangat memuaskan. Anda bahkan tak perlu lagi membawa kamera poket jika akan bertamasya bersama keluarga. Untuk menjadi vloger, kamera Samsung Note 8 pun cukup mumpuni.

Berikut foto hasil jepretan Tempo menggunakan Samsung Galaxy Note 8:

Hasil Foto mode normal dari Samsung Galaxy Note 8. Tempo/Febriyan

Hasil Foto kameran depan dari Samsung Galaxy Note 8. Tempo/Febriyan

Hasil Foto Low Light dari Samsung Galaxy Note 8. Tempo/Febriyan

5. S Pen

Tak lengkap rasanya jika mereview Samsung Note 8 tanpa merasakan sensasi menggunakan S Pen. Ya, S Pen merupakan salah satu fitur andalan Samsung di seri Note.

Kesan elegan sangat terasa ketika menggunakan S Pen di Note 8 ini. Respon yang sangat cepat membuat anda bisa menavigasikan smartphone lebih cepat ketimbang anda menggunakan jari. Tentu saja anda harus menggunakan dua tangan.

Sama seperti seri Note sebelumnya, S Pen ini bisa digunakan untuk melakukan navigasi, membuat catatan serta membuat gambar. Salah satu yang paling menarik adalah karena anda bisa membuat catatan meski smartphone dalam keadaan terkunci.

Caranya anda tinggal menarik S Pen keluar dan secara otomatis fitur memo akan terbuka. Anda bisa membuat hingga lebih dari 100 pesan.

Selain itu bagi anda yang memiliki anak yang gemar mewarnai, Samsung membenamkan pula fitur PenUp di Note 8 ini. Fitur ini sangat menarik karena anda bisa mewarnai sejumlah gambar yang telah tersedia.

Fitur yang menurut Tempo paling menarik adalah Live Message. Anda bisa berkreasi dengan tulisan anda dan membuat format tulisan menjadi GIF sehingga tampak bergerak.

Dengan fitur ini anda bisa membuat berbagai macam kartu ucapan misalnya untuk hari ulang tahun kekasih, teman atau pun anak karena anda bisa mengirimkannya ke berbagai aplikasi lain seperti whatsapp.

Namun sayangnya fitur ini cukup terbatas. Berdasarkan percobaan Tempo, hanya sekitar 12 huruf yang bisa anda tuliskan dengan aplikasi Live Message ini. Cukup untuk menuliskan Happy Birthday, selebihnya tidak.

Hasil kreasi menggunakan fitur Live Message dari Samsung Galaxy Note 8. Tempo/Febriyan

6. Ketahanan

Dari sisi ketahanan, klaim bahwa Samsung Note 8 ini mengantongi sertifikati IP68 bukan cuma isapan jempol biasa. Tempo sempat beberapa kali mencoba menggunakan smartphone ini dalam keadaan hujan dan tak mendapatkan masalah.

Begitu juga saat Samsung Note 8 ini Tempo masukkan ke dalam sebuah akuarium kecil. Ternyata smartphone ini masih berfungsi dengan sempurna.

Hanya saja kaca Corning Gorilla Glass 5 ternyata tak sekuat yang dibayangkan. Dalam pemakaian selama 2 pekan Tempo sengaja memasukkan handphone ini ke dalam saku celana, meskipun tak terasa nyaman. Hasilnya, terlihat sejumlah goresan-goresan kecil.

Secara keseluruhan, performa Samsung Galaxy Note 8 bisa dibilang memuaskan meskipun masih memiliki kekurangan di beberapa sisi. Dengan smartphone ini, semua kebutuhan anda bisa terpenuhi. Mulai dari bekerja, bermain, hingga mendapatkan informasi atau pun sekedar berkomunikasi.

Source

Dua Pekan Bersama Samsung Galaxy Note 8, Begini Impresinya