Cara Atur Keuangan Agar Bisa Naik Haji Sejak Muda

VIVA – Bagi Anda yang beragama Islam, melaksanakan ibadah haji tentu saja menjadi impian yang ingin dicapai. Menunaikan ibadah haji tentu dapat menyempurnakan Rukum Islam Anda. 

Namun, pada kenyataannya, naik haji bukanlah hal yang mudah jika tidak ada persiapan sedari dini. Mulai dari persiapan fisik, mental, hingga biaya. 

Di Indonesia, ada dua cara yang dapat dipilih untuk menunaikan ibadah haji. Pertama, melalui jalur reguler dengan biaya sekitar Rp34 jutaan atau USD2.585 (2016). Jalur ini dikelola langsung oleh Pemerintah. 

Sementara jalur kedua ialah jalur khusus yang mana berkisar USD8.500 dengan jangka waktu tunggu 4-6 tahun. Masa tunggu dari jalur reguler memang terbilang lebih lama dibandingkan jalur khusus. Hal ini sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Karena biaya yang tidak sedikit ini, tentu saja perlu dipersiapkan sedari dini. Apalagi bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah haji selagi muda, tentu saja Anda harus mencari solusi untuk menabung dana haji. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Berikut ini ulasan Cermati.com cara agar dapat menunaikan haji di usia muda.

1. Buat perencanaan tujuan keuangan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan merencanakan tujuan keuangan Anda. Misalnya, saat ini Anda berusia 25 tahun dan ingin menunaikan ibadah haji pada usia 35 tahun. Dalam jangka waktu 10 tahun tersebut, Anda harus bisa mengupayakan dana untuk ibadah haji yang Anda rencanakan. \

Lalu, dari jangka waktu yang sudah direncanakan tersebut, Anda bisa mulai menghitung berapa jumlah uang yang harus ditabungkan setiap bulannya, produk keuangan mana yang dapat dipilih, dan hal lainnya terkait pengusahaan biaya tabungan haji.

2. Buat perkiraan kenaikan biaya haji

Cobalah untuk menghitung perkiraan kenaikan dari biaya haji. Seperti yang Anda ketahui, biaya ibadah haji semakin meningkat setiap tahunnya. Karena itu, butuh perencanaan dan perhitungan yang matang. Anda bisa melakukan perhitungan terlebih dahulu.

Misalnya, Anda menghitung perkiraan biaya haji 5 tahun yang akan datang. Untuk lebih mudahnya Anda bisa membaca artikel mengenai prediksi biaya haji. Jika ingin melunasi pembayaran haji dalam 5 tahun yang mendatang, Anda setidaknya membutuhkan biaya kurang lebih Rp65 juta. 

Biaya Rp65 juta ini didapatkan dari Rp40 juta (biaya haji saat ini) ditambah dengan perkiraan kenaikan sebesar Rp5 juta per tahun. Dengan begitu, paling murah biaya haji 5 tahun yang akan datang adalah sekitar Rp40 juta + Rp25 juta= Rp65 juta. 

Namun, yang perlu Anda ingat adalah untuk biaya haji jalur reguler biasanya akan jatuh dua bulan sebelum keberangkatan. 

3. Menabung dana haji

Dengan perhitungan yang sudah dilakukan, Anda bisa memulai untuk menabung dana untuk ibadah haji. Seperti contoh yang dijelaskan sebelumnya, mendapatkan uang sejumlah Rp60 juta dalam waktu 5 tahun memang bukanlah hal yang mudah. 

Namun, jika memang benar-benar disiplin dengan aturan menabung yang digunakan, dana Rp60 juta dapat Anda capai dalam kurun waktu 5 tahun. 

4. Gunakan instrumen investasi untuk menabung dana haji

Selain menabung, Anda bisa mencoba investasi sebagai cara menabung dana ibadah haji. Anda bisa memilih jenis deposito, logam mulia, dan lainnya yang sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Untuk dana haji, akan lebih disarankan menyimpannya dalam bentuk deposito. 

Sebab, dirasa lebih aman dibandingkan dengan ATM yang bisa diambil kapan saja. Bahkan, deposito memiliki nilai bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan. 

Tidak seperti tabungan yang mana memiliki potongan untuk biaya administrasi setiap bulannya. Menabung jangka panjang dalam bentuk deposito memang jauh lebih aman dan baru dapat Anda ambil saat jangka waktu yang sudah ditentukan. 

Persiapkan segala kebutuhan sedari dini

Berencana menunaikan ibadah haji tentu saja membutuhkan persiapan yang matang. Tak hanya masalah biaya, persiapan fisik dan mental pun juga perlu diperhatikan agar ibadah haji yang Anda rencanakan dapat berjalan lancar sesuai rencana. Untuk itu, persiapkan segalanya mulai sedari dini meskipun waktu keberangkatan Anda masih cukup lama. (ren)

Source

Cara Atur Keuangan Agar Bisa Naik Haji Sejak Muda