Berhenti Hidup Boros, Inilah 5 Cara Agar Uang Gaji Kamu Tak Habis

~

Stop Hidup Boros, Inilah 5 Cara Agar Uang Gaji Kamu Tak Habis Foto: thinkstock

Jakarta -Berhemat sehingga sanggup menyisihkan uang untuk ditabung memang hal yang sulit untuk dilakukan. Banyaknya pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari, menciptakan kau sulit menyisakan sedikit uang.

Bahkan terkadang uang tersebut tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sehingga muncul duduk masalah keuangan yang sanggup mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Agar duduk masalah keuangan ini tak selalu muncul setiap bulan, belajarlah berhemat dan mulailah menabung demi masa depan. Berikut lima perubahan hidup sederhana yang sanggup dilakukan semoga honor kau tidak habis dan sanggup menabung:

1. Jual barang-barang lama

Kamu sanggup menciptakan garage sale dengan menjual barang-barang dan pakaian yang sudah usang atau sudah tidak dipakai lagi atau sanggup juga dijual melalui situs online. Jangan merasa sayang atau rugi alasannya yakni mengingat betapa mahalnya dulu mengeluarkan uang untuk membeli barang tersebut. Tapi ingatlah betapa barang tersebut hanya akan menjadi rongsokan kalau tidak dijual lagi. Lebih baik mendapat uang, walau jumlahnya tidak sepadan dengan harga dikala membelinya, daripada tak sanggup apapun sama sekali dan menumpuk rongsokan.

2. Membuat anggaran belanja

Membuat anggaran belanja merupakan cara yang sederhana untuk menghabiskan uang dengan lebih disiplin. Dengan menciptakan anggaran kau juga sanggup mengetahui rencana pengeluaran lebih jelas. Sehingga nantinya kau tidak perlu terlibat hutang dan sanggup menyisihkan uang untuk ditabung atau jalan-jalan bersama keluarga.

3. Membuat catatan belanja

Ketika kau ingin pergi ke mal atau ke supermarket untuk belanja bulanan, pastikan sudah menciptakan catatan belanjaan terlebih dahulu dan jangan pernah meninggalkan rumah dengan perut kosong. Jika tidak makan terlebih dahulu, kau akan mengeluarkan pengeluaran lebih untuk makan di restoran. Selain itu, untuk yang sudah punya anak, sebaiknya juga tidak perlu mengajak mereka ikut belanja bersama. Hal tersebut untuk menghindari adanya pengeluaran tak terduga.

4. Belanja dikala diskon atau melalui online shop

Berbelanja dikala diskon merupakan salah satu cara kau sanggup membeli pakaian dengan model terbaru tanpa harus membayar dengan harga normal. Sedangkan berbelanja melalui online shop, kau sanggup lebih ekonomis dalam berbelanja, alasannya yakni tak perlu ongkos perjalanan dan kemungkinan terpengaruhi membeli yang lain kalau ke mall. Namun sebelum memutuskan untuk berbelanja melalui online shop, pastikan terlebih dahulu bahwa harga yang ditawarkan lebih murah dibanding harga di toko dan jangan lupa menghitung harga barang yang ditawarkan dengan ongkos pengirimannya.

Selain diskon, kau juga sanggup memanfaatkan voucher. Voucher, biasanya sanggup didapat melalui promosi tertentu. Seperti aktivitas menabung dari Bank Mega yang menunjukkan aktivitas undian baru, yaitu Mega Super Vaganza Gemilang Emas. Program yang mengatakan ratusan keping emas dan hadiah berupa voucher kepada para nasabah. Program ini telah berlangsung semenjak 25 September 2017 dan berakhir 11 Maret 2018.

Setiap ahad Bank Mega mengundi nasabah yang akan mendapat emas 10 gram untuk 30 pemenang, emas 100 gram untuk 1 pemenang (setiap minggu) dan emas 500 gram untuk 2 pemenang (akhir periode) serta voucher belanja CT Corp setiap bulan.

5. Jika bisa, buatalah sendiri

Kedai kopi yang Instagramable dengan sajian kopi lezat sekarang berterbaran di Jakarta. Kamu niscaya tertarik ingin mencobanya, meski minuman kopi tersebut harganya terbilang tidak murah. Hal ini yang sanggup memicu untuk menghamburkan uang. Jika kau sanggup menciptakan kopi, sebaiknya buatlah sendiri tanpa harus membeli kopi di kedai kopi. Sehingga kau tidak perlu mengeluarkan uang lebih. Sesekali merasakan boleh saja, tapi kalau jadi rutinitas, sebaiknya buatlah sendiri.

Bagaimana kau sudah siap berubah? Dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana dan sedikit disiplinan diri, kau sanggup menabung dan berhemat cukup banyak uang setiap tahunnya.

Sumber detik.com