Baca ini : Yuk, Cicipi Hidangan ASEAN di Festival Kuliner Santan Coolinair Akhir Pekan Ini!

Foto: dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Berita penting – Jakarta – AirAsia menggelar pameran masakan khas Asia Tenggara di Jakarta. Selain sajian Indonesia, ada juga kuliner autentik dari Thailand sampai Vietnam.

Kalau belum ada wangsit pergi kemana di tamat pekan, pameran masakan dari AirAsia ini dapat jadi pilihan. Bernama ‘Santan Coolinair’, ada sebanyak lebih dari 25 jajanan terkenal dari negara-negara ASEAN yang berlansung mulai tanggal 29 Oktober sampai 1 Oktober 2017. Acara ini berlangsung di The Space Senayan City, Jakarta.

Baca juga: Festival Makanan Pesawat Pertama Digelar oleh AirAsia

Yuk, Cicipi Hidangan ASEAN di Festival Kuliner 'Santan Coolinair' Akhir Pekan Ini!Foto: dok. detikFood


“Santan Coolinair ini yakni yang pertama kali di Indonesia. Acara ini terselenggara alasannya apresiasi AirAsia terhadap masakan di ASEAN. Karena kami percaya bahwa ASEAN dari segi budaya sampai rasa masakan mempunyai kemiripan yang sama,” tutur Rifai Taberi, Direktur Niaga AirAsia Indonesia dalam program Santan Coolinair by AirAsia di Senayan, Jakarta Selatan (29/09).

Santan yakni nama in-flight meal dari AirAsia yang mempunyai sajian pilihan yang mewakili setiap negara di Asia Tenggara. Salah satu yang terkenal yakni Pak Nasser’s Nasi Lemak, Nasi Padang Uda Ratman sampai Nasi Kuning Manado.

Pemberian nama ‘Santan’ ini dikatakan oleh Rifai alasannya komponen santan sebagai materi utama masakan di Asia Tenggara. “Kari, nasi lemak sampai laksa memakai santan,” tambah Rifai.

Yuk, Cicipi Hidangan ASEAN di Festival Kuliner 'Santan Coolinair' Akhir Pekan Ini!Foto: dok. detikFood


Ia juga menambahkan bahwa agenda masakan juga termasuk dalam agenda wisata. “Kuliner sekarang sudah masuk dalam salah satu tujuan utama selain belanja. Dalam program ini, bukan saja kulinernya yang disajikan. Akan tetapi para penjual dari negara aslinya juga kami undang ke sini untuk memeriahkan pameran masakan yang rencananya akan kami adakan kembali di tahun berikutnya,” pungkasnya.

Dari 25 jajanan tersebut, salah satu yang dapat Anda coba yakni Pho Thai Hung dari Vietnam, Mango Sticky Rice dari Thailand, TAPAddiction by Mom’s Breaktime dari Filipina, May N Mikes Spicy Corner asal Malaysia dan Keng Eng Kee Seafood dari Singapura sampai Good Chance Popiah yang legendaris dan sekarang diteruskan oleh generasi ketiga dari Singapura.

Tak ketinggalan, ragam sajian Indonesia yang tradisional sampai kekinian juga tersaji di sini. Ada Sate Padang Ajo Ramon, Kopi Sana sampai Bros In The Box.

Yuk, Cicipi Hidangan ASEAN di Festival Kuliner 'Santan Coolinair' Akhir Pekan Ini!Foto: dok. detikFood


Festival masakan ini terbuka untuk umum dan tak ada biaya masuk. Pengunjung cukup mengunggah aplikasi DOKU e-wallet yang nantinya menjadi alat pembayaran cashless. Selain icip-icip, pengunjung juga dapat membeli tiket penerbangan dengan diskon 20 persen. Ada juga tantangan lomba makan serangga dari Thailand dengan hadiah menarik serta demo masak oleh Chef Yuda Bustara.

Baca juga: Mencicip Miso Chicken sampai Chicken Adobo Enak di Atas Pesawat (2)


Sumber detik.com