Baca ini : Makan Buah Sebelum Tidur, Menyehatkan atau Justru Bikin Gendut?

Foto: iStockFoto: iStock

Berita penting – Jakarta – Buah-buahan kaya vitamin dan serat yang diharapkan tubuh. Tapi apakah buah kondusif dikonsumsi sebelum tidur?

Makan sebelum tidur sudah menjadi topik hangat di dunia kesehatan dan nurtisi semenjak lama. Banyak orang beropini bahwa makan sebelum tidur sanggup mengganggu tidur nyenyak dan pencernaan. Sementara beberapa orang menyampaikan bahwa beberapa jenis kuliner tertentu menyerupai buah sanggup membantu tidur lebih nyenyak.

Makan Buah Sebelum Tidur, Menyehatkan atau Justru Bikin Gendut?Foto: iStock

Baca juga : Ini 5 Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Beberapa andal di dunia kerap kali merekomendasikan biar tidak memakan buah terlalu erat dengan waktu tidur. Dilansir dari food.ndtv.com (13/9), Dr Ashutosh Gautam, Clinical Operations dan Coordination Manager, Baidyanath, menyampaikan bahwa berdasarkan Ayurveda, kuliner harus dikonsumsi tiga jam sebelum tidur.

Saat mengonsumsi buah dan kuliner lain, keduanya juga harus mempunyai jarak yang tepat. Hal ini alasannya keduanya mempunyai efek berbeda pada sistem pencernaan.

Buah-buahan sanggup dicerna lebih cepat dan didorong dari perut ke usus lebih awal. Sedangkan kuliner yang kaya akan protein dan serat membutuhkan lebih banyak waktu dan cairan lambung untuk dicerna.

“Cara terbaik yakni menghindari makan sebelum tidur, alasannya ini sanggup mengganggu tidur. Makan buah sempurna sebelum tidur sanggup melepaskan banyak gula, mengakibatkan lonjakan energi, dikala badan bersiap untuk beristirahat. Namun, jikalau seseorang sedang diet atau lapar, satu atau dua buah dengan kandungan gula yang tidak terlalu tinggi sanggup membantunya menghindari makananan yang tidak sehat,” ungkap Ahli gizi di Bangalore, Dr. Anju Sood.

Makan Buah Sebelum Tidur, Menyehatkan atau Justru Bikin Gendut?Foto: iStock

Para andal juga menyampaikan bahwa menggabungkan buah dengan kuliner lain terbukti terlalu berisiko bagi penderita diabetes. Mengonsumsi buah dengan kuliner lain yang tinggi protein, serat dan lemak sanggup mengurangi laju gula dari buah masuk ke dalam usus halus, sehingga mengakibatkan sedikit kenaikan gula darah, dibandingkan dengan makan buah saja.

Oleh alasannya itu, disarankan untuk mengonsumsi buah segar yang kaya mineral, vitamin, flavanoid dan antioksidan. Buah juga lebih baik tidak dikonsumsi sebelum tidur.

Baca juga : Awas Hanya Makan Buah di Malam Hari Bisa Ganggu Kesehatan
Sumber detik.com