Baca ini : Larangan Konsumsi Foie Gras di California Akan Kembali Diberlakukan

Foto: ThinkstockFoto: Thinkstock

Berita penting – Jakarta – Larangan konsumsi foie gras di California memang jadi kontroversi. Setelah pada tahun 2015 pengadilan membatalkan larangan, sekarang larangan foie gras kembali berlaku.

California pertama kali melarang hati bebek atau foie gras pada tahun 2004. Namun, dikala ini pihak pro dan kontra foie gras sedang bertarung di pengadilan untuk mempertahankan pendapat mereka akan menu foie gras.

Baca juga : Para Chef di California Protes Larangan Foie Gras

Foie gras.Foie gras. Foto: Thinkstock

Sayangnya, pihak yang kontra terhadap hidangan foie gras telah mendapat kemenangan besar. Dilansir dari thedailymeal.com (16/9), pengadilan gres saja membatalkan sebuah keputusan tahun 2015 yang melarang foie gras dan larangan kembali diberlakukan.

Foie gras ialah hidangan hati bebek yang telah digemukkan dengan memberi makan secara paksa dengan tabung makanan. California pertama kali melarangnya pada tahun 2004 dengan alasan alasannya cara memproduksinya tidak manusiawi.

Pada dikala itu, legislatif mengizinkan batas waktu tenggang tujuh tahun bagi produsen foie gras untuk mengetahui cara yang lebih manusiawi untuk memproduksinya. Sampai akhrinya larangan tersebut diberlakukan pada tahun 2012. Pada tahun 2015 larangan tersebut dicabut alasannya pengadilan tetapkan bahwa larangan itu bertentangan dengan undang-undang federal.

Namun, pada hari Jumat (15/9), pengadilan kembali tetapkan bahwa keputusan 2015 ialah sebuah kesalahan, dan larangan tersebut tidak bertentangan dengan undang-undang federal.

Hati bebek yang sekarang dihentikan di California.Hati bebek yang sekarang dihentikan di California. Foto: Independent/iStock


“Tidak ada aturan federal atau peraturan yang membatasi kemampuan negara untuk mengatur jenis unggas yang sanggup dijual untuk dikonsumsi manusia,” tulis Hakim Pengadilan Jacqueline Nguyen.

Namun, pertarungan larangan foie gras di California ini tentu saja belum berakhir. “Mereka menciptakan kesalahan. Undang-undang ini selalu inkonstitusional dan tidak sesuai dengan dasarnya. Kami tidak akan berhenti,” kata Marcus Henley, Manajer dari produsen foie gras.

Henley menyampaikan bahwa mereka berencana untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut, dan undang-undang tersebut tidak akan diberlakukan selama permohonan diajukan. Itu berarti meski foie gras ialah satu dari sekian banyak masakan yang dihentikan di seluruh dunia alasannya alasan yang konyol, chef di California masih bisa memakai foie gras untuk dikala ini.

baca juga : Larang Penjualan Foie Gras, Pemerintah California Digugat
Sumber detik.com