Baca ini : Apa Benar Makan Kale Mentah Berlebihan Bisa Gondongan?

Foto: iStockFoto: iStock

Berita penting – Jakarta – Dua tahun belakangan kale jadi primadona sayuran hijau alasannya ialah nutrisinya. Tetapi harus waspada makan kale mentah hiperbola sanggup bahayakan kesehatan.

Kale merupakan sayuran yang sangat terkenal di negara-negara Eropa, Amerika, sampai Jepang. Kale merupakan homogen sayuran hijau yang kaya vitamin, mineral, dan fitonutriennya tidak kalah dari sayuran bayam dan brokoli.

Kini, di Indonesia kale banyak ditanam secara organik dan sangat gampang didapat. Teksturnya yang renyah menciptakan daun kale diolah jadi keripik sayur. Selain dijadikan jus dan gabungan salad segar.

Seiring berkembangnya tren gaya hidup sehat, masyarakatberburu masakan yang rendah kalori, tinggi zat besi dan vitamin K, kadar lemak nol dan penuh dengan antioksidan. Kale menjadi salah satu pilihannya.

Baca juga: Konsumsi Kale Berlebihan Bisa Memicu Keracunan Thallium?

Apa Benar Makan Kale Mentah Berlebihan Bisa Gondongan? Foto: iStock


Hal tersebutlah yang mengakibatkan sayur kale sekarang menjadi sangat populer. Dikabarkan oleh the daily meal (22/9), sayur kale mempunyai dampak negatif bagi tubuh Anda dan tidaklah sesempurna menyerupai yang dipromosikan para penganut gaya hidup sehat.

Kale mengandung terlalu banyak serat, walaupun serat yang tidak sanggup larut memang diharapkan biar rutinitas BAB lancar. Namun bila mengonsumsi kale terlalu banyak, justru akan mengakibatkan dilema pencernaan.

Selain itu kale mempunyai kandungan gula yang tidak sanggup dicerna, sama menyerupai brokoli, dan kubis. Terdiri dari karbohidrat tetapi ada kandungan gula yang berjulukan raffinose dalam kale yang sulit untuk dicerna.

Kale sanggup menekan produksi hormon tiroid yang mempunyai tanggung jawab untuk mengatur metabolisme. Menurut Oregon State Unversity’s Linus Pauling Institue, beberapa sayuran tersebut mengandung progoitrin, sebuah senyawa yang sanggup mengganggu sintesis hormon tiroid dan ion tiosianat yang dibutuhkan oleh tiroid.

Apa Benar Makan Kale Mentah Berlebihan Bisa Gondongan? Foto: iStock


Tiroid merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak pada bab leher. Kelenjar ini mengeluarkan hormon yang mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan lainnya.

Namun, menyantap sayur kale mentah dalam jumlah yang besar bukanlah pandangan gres yang bagus. Hal ini sanggup memberi efek jelek pada fungsi kelenjar gondok. Karena konsumsi kale dalam jumlah besar sanggup mengganggu perembesan yodium.

Baca juga: Agar Tak Pahit Olah Kale dengan Cara Ini
Sumber detik.com