4 Cara Mudah Agar Selalu Awet Muda dan Sehat

4 Cara Praktis Agar Selalu Awet Muda dan Sehat Ilustrasi tips abadi muda (Foto: GettyImages)

Jakarta -Di usia yang sudah tak muda lagi, kondisi tubuh biasanya menurun dan penampilan pun jadi tak semenarik menyerupai sebelumnya. Tapi bertambahnya usia, bukan berarti kau tidak bisa tampil segar dan awet muda.

Kamu tetap bisa sehat dan abadi muda, dengan mengikuti diet sehat dan menjaga pola makan teratur. Seperti apa diet sehat biar tetap abadi muda? Berikut empat cara gampang dalam mengatur pola makan biar tetap sehat dan abadi muda:

1. Buah dan Sayuran Berwarna-warni

4 Cara Praktis Agar Selalu Awet Muda dan SehatMakan sayur dan buah biar abadi muda. (Foto: Thinkstock)


Langkah penting biar tetap sehat dan abadi muda yaitu dengan rajin mengonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran jenis apapun, mengandung banyak antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Antioksidan berfungsi menetralisir radikal bebas –perusak sel-sel tubuh yang sering dihubungkan sebagai penyebab timbulnya kerutan dan noda hitam, bahkan penyakit kanker dan jantung.

“Selain memperlambat gejala penuaan, antioksidan juga bisa memperbaharui sel dan mencegahnya dari kerusakan,” terang Bonnie Taub-Dix, R.D., juru bicara American Dietetic Association, menyerupai dikutip Womens Health Mag.

Baca Juga: Ayah Ganteng Kevin Lilliana Miss International 2017 Berbagi Tips Awet Muda

Untuk mendapat manfaat antioksidan dengan maksimal, tidak cukup hanya mengonsumsi sayuran atau buah saja. Kamu harus mengombinasikan buah dan sayur dengan banyak sekali warna; merah, oranye, kuning dan hijau.

Setiap sayur atau buah mempunyai jenis antioksidan berbeda, yang berkonsentrasi di kawasan berbeda pula. Sebagai contoh, antioksidan dalam buah berry membantu menjaga kestabilan fungsi otak dan motorik. Sementara antioksidan dalam buah delima (pomegranate) bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Lain lagi antioksidan yang terdapat dalam brokoli, mengandung senyawa yang membantu mencegah kanker payudara.

2. Lemak Sehat

4 Cara Praktis Agar Selalu Awet Muda dan SehatKonsumsi minyak zaitun bisa buat abadi muda (Foto: iStock)


Jika ingin tetap abadi muda ketika tua, cobalah kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh. Sebaiknya pilih makanan dengan lemak tak jenuh. Asam lemak tak jenuh yang terdapat dalam minyak zaitun, ikan-ikanan, kacang dan biji-bijian telah terbukti bisa menurunkan risiko penyakit yang kerap timbul alasannya yaitu bertambahnya usia. Beberapa di antaranya radang sendi, penyakit jantung, diabetes, stroke bahkan Alzheimer. Lemak sehat juga membantu menjaga kesehatan kulit dan menciptakan tetap anggun serta abadi muda. Semakin banyak Anda mengonsumsi omega-3 (umumnya banyak terdapat pada salmon atau sardin), semakin berkurang risiko kerusakan kulit yang akan dialami.

Baca Juga: Rahasia Awet Muda Selebriti Dunia: Facial Lintah

3. Minum Teh Hijau

4 Cara Praktis Agar Selalu Awet Muda dan SehatAgar abadi muda rutin minum teh hijau. (Foto: Thinkstock)


Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut catechin yang diyakini sanggup menciptakan kau sehat dan abadi muda. Senyawa ini dipercaya bisa mengatasi tekanan darah tinggi, juga meningkatkan sistem imun tubuh. Minum teh hijau minimal satu cangkir sehari, bisa mengurangi risiko menderita tekanan darah tinggi sampai 46 persen. Jika meminumnya dua sampai tiga gelas lagi, akan mengurangi sampai 65 persen. Teh hijau kondusif dikonsumsi maksimal lima cangkir per hari. Menurut penelitian dari Journal of Food Science, teh hijau organik mempunyai kadar antioksidan paling tinggi, sekitar 100 catechin per gram.

Baca Juga: Tetap Cantik di Usia 50 Tahun, Ini Perawatan Wajah yang Dilakukan Puspa Dewi

4. Makan Lebih Sedikit

4 Cara Praktis Agar Selalu Awet Muda dan SehatMenjaga pola makan bisa menciptakan sehat dan abadi muda (Foto: Thinkstock)


Mengurangi porsi makan merupakan cara yang sempurna kalau ingin sehat dan abadi muda. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan pun semakin berkurang. Jika di usia 20-an, tubuh cepat mengubah nutrisi menjadi energi, di usia 30 ke atas, metabolisme tubuh cenderung melambat sehingga lebih banyak makanan yang hanya tersimpan dan kesudahannya menjadi tumpukan lemak. Tubuh pun jadi lebih gampang gemuk dan rentan terhadap penyakit.

Mengurangi porsi makan di usia 30-an ke atas, bisa membantu Anda menjaga kesehatan dan mencegah penyakit ‘menua’ menyerupai kelebihan berat badan, penyakit jantung atau tekanan darah tinggi. Konsumsilah makanan rendah kalori serta perbanyak asupan buah dan sayur. Jangan lupakan juga untuk banyak minum air putih untuk proses pengeluaran racun dari tubuh.


Sumber detik.com